Satu Kontraktor Lokal, Tiga Kontraktor Nasional

Pemenang Tender Logistik Pilgub Kaltim, Diikuti 240 Perusahaan
SAMARINDA – Satu dari empat kontraktor pemenang tender peng-adaan logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim, yakni PT Adityatama Perkasa terpilih sebagai pemenang tender pen-cetakan formulir, sedang-kan tiga kontraktor lain berasal dari luar Kaltim masing-masing PT Pura Barutama memenangkan tender surat suara, pengadaan tinta dimenangkan PT Tintamas Tirta Surya, pengadaan sampul dan segel pemilu dan pencetakan kartu pemilih dimenangkan PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk.
“Tender logistik Pilgub Kaltim telah menetapkan empat kontraktor sebagai pemenang lelang pengadaan logistik dengan dana yang disiapkan Rp8 miliar untuk lima item pekerjaan, yakni surat suara, tinta, formulir, sampul dan segel pemilu serta kartu pemilih,” kata Komisioner KPUD Kaltim, Baequni kepada koran Kaltim, kemarin.
Namun, saat ini pemenang tender masih menunggu penetapan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dijadwalkan pada 16 Juni serta penetapan pasangan calon lolos maju di Pilgub pada 25 Juli. Data finalisasi DPT dan gambar masing-masing pasangan menjadi acuan utama kontraktor untuk memulakan proses pencetakan dan pengadaan logistik.
Terpisah, Sekretaris KPUD Kaltim, Syarifudin menambahkan, pemenang tender telah ditetapkan sejak 4 Juli lalu, empat perusahaan itu, hanya satu asal Kaltim, yakni PT Adityatama Perkasa. Sedangkan tiga kontraktor lain asal dari Surabaya, yakni PT Jasuindo memenangkan dua item lelang cetak kartu pemilih, sampul dan segel pemilu.
Informasi diperoleh dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kaltim. Sebanyak 240 perusahaan menjadi peserta lelang untuk lima item logistik Pilgub Kaltim 2013. Dalam data itu, 49 peserta pengadaan ikut serta dalam lelang cetak kertas suara, kemudian 47 peserta untuk tinta pemilu, 54 peserta pengadaan formulir, 44 peserta pengadaan sampul dan segel dan 46 peserta pengadaan kartu pemilih.
Untuk harga penawaran yang terkoreksi dalam data LPSE Kaltim, PT Pura Barutama mengajukan Rp1,7 miliar untuk surat suara, PT Tintamas Tirta Surya Rp353,2 juta untuk tinta, PT Adityatama Perkasa mengajukan Rp1,73 miliar untuk formulir, PT Jasuindo Rp344 juta untuk pengadaan sampul dan segel serta Rp1,2 miliar untuk pencetakan kartu pemilih. Total nilai penawaran dalam tender lima item logistik Pilgub Kaltim hanya Rp5,407 miliar. (fac413)