Pemenang Lelang Logistik Asal Luar Kota Semua


KEDUNGWARINGIN – Lelang logistik pengadaan surat suara, kartu pemilih, tinta serta formulir C dan D untuk Pemilukada 2012 kini memasuki tahap sanggahan.
Empat perusahaan yang dinyatakan sebagai pemenang oleh panitia lelang, kini masih menunggu masa sanggahan yang akan berakhir pada Senin (6/2).
Jika hingga batas waktu sanggahan tidak ada perusahaan lain yang mengajukan keberatannya, maka tiga perusahaan yang berasal dari Bandung serta satu perusahaan berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur ditetapkan sebagai pemenang tender dan secepatnya mendapatkan SPK.
’’Sesuai dengan peraturannya, panitia lelang memberikan masa sanggahan bagi peserta tender yang tidak menang sebanyak lima hari kerja setelah keputusan pemenang keluar. Sampai hari ini (kemarin) tidak ada sanggahan yang masuk,” ucap Sekretaris KPUD Kabupaten Bekasi, Mumuh Mulyana.
Dikatakan Mumuh, empat perusahaan jika memang telah diputuskan sebagai pemenang tanpa ada sanggahan, maka semua perusahaan diberikan waktu kerja hingga delapan hari sebelum tahap pencoblosan. Dengan estimasi waktu lebih dari sepekan tersebut, sambung dia, akan digunakan untuk menyortir logistik.
Pasalnya, dari empat item logistik, untuk kartu pemilih kini menerapkan sistem cetak langsung nama serta alamat si pemilih. Sehingga waktu untuk penyortiran dibutuhkan lebih lama.
’’Saat kartu pemilih sudah jadi, nanti nama serta alamat si pemilih sudah otomatis dicetak berdasarkan DPT. Jadi tidak ditulis secara manual lagi. Makanya, pemenang tender kami berikan waktu pada H-8 dan logistik semuanya harus sudah selesai,” katanya.
Disinggung soal empat perusahaan pemenang tender yang berasal dari luar Kabupaten Bekasi semua, kata Mumuh tidak menjadi persoalan, sekalipun jaraknya cukup jauh. Pasalnya, perusahaan tersebut memiliki waktu yang cukup untuk pengerjaan.
’’Jarak tidak menjadi masalah. Karena mereka (pemenang tender) diberikan waktu sekitar 30 hari untuk pengerjaannya. Dan itu sudah lebih dari cukup,” katanya.
Sekedar informasi, empat perusahaan yang ditetapkan sebagai pemenang oleh panitia lelang yakni, PT Aria Multi Graphia, Kiaracondong Bandung untuk pengadaan Surat Suara, CV Sapta Mekar Putra Bandung untuk pengadaan kartu pemilih, CV Persona Ciliwung Bandung untuk pengadaan formulir model C dan D serta PT Tintamas Tirta Surya Sidoarjo untuk pengadaan tinta Pemilukada. (enr)